Oke kembali lagi dengan master nana, kali ini saya akan membagikan ilmu tentang sebuah perulangan atau biasa disebut looping. Looping sangat berguna untuk mengeksekusi satu baris kode atau lebih secara berulang ulang, jadi programmer hanya perlu menulis kode tersebut sekali dan akan diulang sesuai kondisi yang ditentukan.

Perulangan merupakan sebuah kode yang merupakan sebuah sistem untuk mengulang sebuah statement berdasarkan kondisi tertentu. Perulangan pasti ada dalam sebuah bahasa pemrograman dari dulu hingga sekarang, dan kita sebagai programmer hanya tinggal menggunakan dan mengembangkan saja. Ada beberapa jenis perulangan secara umum didalam Java yaitu.

  1. While
  2. For
  3. Do While

Disetiap perulangan terdapat kelebihan, kekurangan, fungsi, dan ciri khas masing-masing. Kita akan membahas lebih lengkap satu persatu agar dapat memahami nya saya juga menambahkan contoh koding sederhana dan sangat singkat supaya mudah dimengerti. Baiklah langsung saja kita bahas dibawah ini.

1. While

While merupakan perulangan yang mengulang sebuah statement berdasarkan kondisi tersebut, kondisi yang dibandingkan adalah true atau false. Jika kondisi true maka while akan menjalankan statement dan jika false maka statement tidak dijalankan, jadi selama kondisi tersebut true, maka kode akan terus dieksekusi sampai kondisi false. Dan jika tidak ada yang membuat kondisi menjadi false maka perulangan akan terus berjalan sampai stackoverflow.

Contoh kode perulangan while

public class PerulanganWhile {
    public static void main(String[] args)
    {
        int i = 1;
        while(i <= 5)
        {
            System.out.println("Perulangan While ke-" + i);
            i++;
        }
    }
}

Dari kode diatas kita dapat menjelaskan tentang perulangan while yaitu, pertama dari variabel i diisi dengan nilai 1, kemudian masuk ke kondisi while yaitu apabila i kurang dari sama dengan 5 yaitu true, maka statement dijalan kan dan mencetak i sekarang lalu i ditambah satu, sekarang menjadi 2, dan seterusnya sampai i ditambah terus hingga menjadi 6 lalu dibandingkan apakah i kurang dari sama dengan 5 adalah false, maka perulangan berhenti, dan mencetak hanya sampai 5 saja.

Hasil dari eksekusi contoh kode looping dengan while.

2. For

For merupakan perulangan yang mengulang sebuah statement berdasarkan perhitungan, jadi sebelum mengulang statement, perulangan ini sudah ditentukan berapa kali mengulang dan penambahan atau pengurangan iteratornya sebelum berjalan. Perulangan ini akan lebih efektif jika kita mengulang statement yang sudah ditentukan batasnya.

Contoh kode perulangan for

public class PerulanganFor {
    public static void main(String[] args)
    {
        for(int i = 1; i <= 5; i++)
        {
            System.out.println("Perulangan For ke-" + i);
        }
    }
}

Dari kode diatas kita dapat menyimpulkan bahwa, perulangan menggunakan variabel i sebagai iterator dan dimulai dari 1 yang di isi pada parameter pertama. Paramter kedua digunakan sebagai penentu batasan perulangan, dari kode menggunakan batas kurang dari sama dengan 5. Dan parameter ketiga sekaligus terkahir sebagai penambahan atau pengurangan pada iterator.

Hasil eksekusi dari perulangan for diatas.

3. Do While

Do while merupakan perulangan yang mirip dengan while, perbedaannya terletak pada peletakan kondisi, kalau while kondisinya ditentukan pada awal pembuatan, kondisi do while diletakkan pada akhir statement. Jadi perbedaan fungsinya akan kita bahas pada kesimpulan, jadi intinya akan ada perbedaan diantara awal dan akhir.

Contoh kode looping do while

public class PerulanganFor {
    public static void main(String[] args)
    {
        for(int i = 1; i <= 5; i++)
        {
            System.out.println("Perulangan For ke-" + i);
        }
    }
}

Jadi proses do while adalah pertama langsung masuk ke statement pertama, tidak perlu memeriksa kondisi dan setelah statement dijalankan sekali baru masuk ke statement, dan proses perulangan sama dengan perulangan lainnya.

Hasil eksekusi dari perulangan do while.

Baiklah, itu adalah 3 jenis perulangan yang ada di Java, sebenarnya masih ada cara lain untuk melakukan perulangan contohnya dengan menggunakan class iterator atau menggunakan method rekursif dan mungkin masih ada cara lain yang tidak saya ketahui. Mungkin inilah perpisahan kita ditutorial kali ini, karena setiap pertemuan ada perpisahan :v. Terima kasih telah membaca artikel yang tidak jelas ini :).