Baiklah dalam artikel ini master nana akan membagikan sebuah logika dan kode program tentang cara membuat sebuah input berulang dengan scanner dan perulangan dengan Java. Sebelum kita masuk ke listing program, ada alangkah baiknya jika kita mengetahui apa yang dimaksud dengan input berulang dengan scanner dan perulangan.

Definisi dan Pengertian Singkat

Maksud dari input berulang adalah sebuah proses untuk memasukan atau menginput kan suatu data, dan di Java dan tutorial ini kita akan menggunakan salah satu kelas yang sudah disediakan oleh Java yaitu kelas Scanner. dengan kelas ini kita akan memasukannya di dalam sebuah proses perulangan yang sudah ditanamkan dengan sebuah struktur kontrol percabangan yaitu if, ini berguna untuk memeriksa sebuah kondisi dan yang akan menjadi salah satu jalan untuk menghentikan aplikasi.

Setelah mengetahui setidaknya paham apa yang dimaksud dengan input berulang, saatnya kita masuk ke bagian kode program.

import java.util.Scanner;

public class InputBerulang
{
    public static void main(String[] args)
    {
        Scanner masuk = new Scanner(System.in);
     
        boolean ulang = true;
     
        while(ulang == true)
        {
            String perintah;
            System.out.print("masukan perintah : ");
            perintah = masuk.nextLine();
         
            if(perintah.equals("saya"))
            {
                System.out.println("saya adalah masternana.com");
            }
            else if(perintah.equals("stop"))
            {
                ulang = false;
                System.out.println("berhenti dari perulangan");
            }
            else
            {
                System.out.println("Perintah tidak dikenal");
            }
         
            System.out.println();
        }
    }
}

Penjelasan Kode

Oke saatnya master nana akan menjelaskan maksud dan fungsi dari beberapa kode yang penting dan merupakan inti dari program ini. Untuk yang tidak terlalu saya jelaskan, sudah saya tambahkan komentar singkat tentang maksud dari kode tersebut.

while(ulang == true)
{
    ...
}

Maksud dan fungsi kode diatas adalah mengulang sebuah kondisi, while disini seperti yang kita tahu adalah sebuah struktur kontrol untuk mengulang suatu statement dengan sebuah kondisi. Kita menggunakan while untuk mengecek variabel ulang, jika variabel ulang berisi nilai true maka statement dijalankan jika tidak maka perulangan akan berhenti.

if(perintah.equals("saya"))
{
    ...
}

Maksud dan fungsi kode diatas adalah memeriksa sebuah kondisi, jika perintah yang dimasukkan atau sama dengan saya (true/benar) maka statement if akan dijalankan, disini contohnya adalah jika memasukan saya maka yang keluar ada tulisan: "saya adalah masternana.com".

else if(perintah.equals("stop"))
{
    ...
}

Maksud dan fungsi kode diatas adalah memeriksa sebuah kondisi, jika perintah yang dimasukkan atau sama dengan stop (true/benar) maka statement if akan dijalankan, disini contohnya adalah jika memasukan stop maka yang terjadi adalah, pengubahan nilai pada variabel ulang menjadi false dan menampilkan tulisan "keluar dari perulangan". Setelah if dijalankan maka akan kembali mengulang while, karena kondisi ulang sudah diubah menjadi false, maka statement tidak dijalankan lagi dan perulangan terhenti.

else
{
    ...
}

Maksud dan fungsi kode diatas adalah jika perintah yang dimasukkan bukan saya ataupun stop maka statement ini yang dijalankan.

Kita sudah mengetahui maksud dari kode diatas dan fungsinya, saatnya kita mencobanya. Silahkan jalankan kode program diatas dengan compiler andalah kamu, simpan dengan nama kelasnya, contoh diatas adalah menggunakan nama "InputBerulang" jadi simpan dengan nama "InputBerulang,java" dan silahkan run atau jalankan.

Jika kode yang ditulis benar dan sesuai dengan perintah maka program akan berjalan dengan baik, contoh kode diatas yang saya jalankan dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Saat perintah yang dimasukan adalah saya maka akan keluar tulisan saya adalah masternana.com, tapi saat perintah yang dimasukan tidak ada dalam kondisi maka akan teks yang tampil adalah perintah tidak dikenal, dan saat perintahnya adalah stop maka kondisi akan diubah menjadi false lalu menampilkan teks berhenti dari perulangan dan perulangan akan berhenti karena variabel ulang sudah menjadi false.

Baiklah itu saja untuk tutorial kali ini, semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan bijak :v. Sekian dari saya master nana, terima kasih telah membaca dan mohon maaf bila terjadi kesalahan.