Yoo master nana is back, kali ini kita akan membahas sesuatu yang lebih simpel dan cukup tidak berfaedah :v. Yaitu tentang 2 jenis konstanta yang ada di class Math pada Java. Class Math adalah class yang digunakan untuk mengoperasikan bilangan pada program java, mungkin seperti itu singkatnya.

Objek Math memiliki beberapa konstanta matematika yang bisa digunakan dalam proses pembuatan dan perhitungan sebuah aplikasi atau program. untuk memanggil dan menggunakan konstanta objek Math, kita hanya perlu menuliskan nama class dan method atau variabelnya, contoh: Math.nama_konstanta.

Baiklah di dalam matematika pasti kita mengenal yang namanya konstanta, yaitu sebuah nilai tetap yang tidak dapat diubah-ubah lagi, namun tetap dapat digunakan dalam suatu perhitungan. Di java juga terdapat sebuah fungsi untuk mendeklarasikan sebuah konstanta dan sifatnya adalah tetap atau tidak dapat berubah, namun kita juga bisa memakai konstanta yang sudah disediakan jadi kita tidak perlu mendeklarasikan nya kembali.

Contoh 2 konstanta yang sudah dideklarasikan java adalah E dan PI, untuk lebih lengkapnya akan dibahas pada penjelasan berikut ini.

1. Math.E

Math.E merupakan sebuah variabel yang terdapat pada class Math, kita cukup memanggil Math.E dan akan mengembalikan sebuah value yang berisi nilai dari logaritma natural e, dengan nilai 2.718281828459045 dan java tidak akan membulatkan bilangan tersebut.

2. Math.PI

Math.PI merupakan sebuah variabel yang terdapat pada class Math, saat dipanggil pada suatu statement pi akan memberikan nilai setara dengan phi dalam perhitungan matematika, namun biasanya di dalam perhitungan matematika kita menggunakan 3.14 tapi di konstanta math ini, bilangan phi tidak akan dibulatkan jadi perhitungannya akan tetap menggunakan nilai asli dari phi yaitu 3.141592653589793 dan seterusnya.

Jika anda pernah belajar atau menggunakan bahasa pemrograman berbasis objek (PBO) atau object oriented programming (oop), mungkin istilah konstanta ini lebih cocok disebut sebagai read-only property dari objek Math, karena konstanta hanya dapat dilihat dan digunakan namun tidak dapat diubah ataupun dihapus.

Setelah panjang lebar menjelaskan, hal itu tidak akan terlalu berguna kalau tidak di praktekan. Oke langsung saja dibawah ini adalah contoh pemanggilan atau penggunaan class Math pada Java.

public class Konstanta
{
 public static void main(String[] args)
 {
  System.out.println(Math.E);
  System.out.println(Math.PI);
 }
}

Kode diatas adalah contoh simpel dalam pemanggilan konstanta, baiklah kali ini kita coba mengimplementasikan konstanta Math, dengan sebuah program yang memerlukan konstanta yaitu menghitung luas lingkaran, yang mana kita perlu menggunakan phi sebagai konstanta dalam menghitung luas lingkaran tersebut.

Contoh

public class Konstanta
{
 public static void main(String[] args)
 {
  int r = 7;
  double hasil = Math.PI * r * r;
  System.out.println("Hasil perhitungan luas lingkaran");
  System.out.println("Dengan jari-jari 7 adalah = " + hasil);
 }
}

Berdasarkan listing diatas kita menggunakan phi untuk menghitung luas lingkaran, jadi kita tidak perlu repot repot mendeklarasikan lagi phi sebagai konstanta dan menentukan nilai phi, karena dengan class Math kita hanya perlu memanggilnya dan menggunakannya dalam perhitungan.

Jadi itulah sedikit tentang 2 jenis konstanta yang ada di class Math pada Java, dan juga sebenarnya masih banyak fungsi atau method, konstanta dan lain lain yang ada di class Math. Kita akan membahas tentang hal itu pada artikel artikel berikutnya jadi kunjungi terus ya gengs blog ini :v.

Yosh, mungkin sekian tutorial yang sedikit tidak penting ini, tapi hal yang besar dimulai dari yang kecil dan hal yang penting dimulai dari yang tidak penting :v. Terima kasih telah membaca dan mohon maaf lahir dan batin :).