Pengenal Java (Java Identifiers)

Semua komponen java membutuhkan nama. Nama yang digunakan untuk kelas, variabel, dan metode disebut pengenal. Di java, ada beberapa hal yang perlu diingat tentang pengenal. Yaitu sebagai berikut.

  • Semua identitas harus dimulai dengan huruf (A sampai Z atau a sampai z), karakter mata uang ($)/tanda dolar, atau garis bawah (_).
  • Setelah karakter pertama, pengenal dapat ditulis dengan kombinasi semua karakter (termasuk angka).
  • Keyword (kata kunci) tidak dapat digunakan sebagai pengenal.
  • Yang paling penting dari pengenal adalah case sensitif (jadi huruf besar dan kecil sangat mempengaruhi sebuah pengenal).
  • Contoh pengenal yang benar: usia, $gaji, _value.
  • Contoh pengenal yang salah: 17nama, -alamat.

Pengubah Java (Java Modifiers)

Seperti bahasa pemrograman lain, java memungkinkan untuk memodifikasi kelas, metode, dll, dengan menggunakan pengubah. Ada dua kategori pengubah yaitu.

  • Pengubah yang dapat diakses (Access Modifiers) - default, public, protected, private
  • Pengubah yang tidak dapat diakses (Non-acess Modifiers) - final, abstract, strictfp

Kita akan membahas lebih rinci tentang pengubah di bagian berikutnya.

Variabel Java (Java Variables)

Berikut ini adalah jenis-jenis variabel yang ada di java.

  • Variabel Lokal (Local Variables)
  • Variabel Kelas (Class Variables, Static Variables)
  • Variabel Instan (Instance Variables, Non-static Variables)

Larik Java (Java Array)

Larik atau array adalah objek yang menyimpan beberapa variabel dengan tipe yang sama. Namun, array itu sendiri adalah objek dari heap. Kita akan mempelajari bagaimana mendeklarasikan, membangun, dan menginisialisasi array dalam bab-bab selanjutnya.

Java Enums

Enum diperkenalkan di java 5.0. Enums membatasi variabel untuk memiliki hanya salah satu dari beberapa nilai yang telah ditentukan. Nilai-nilai dalam daftar yang disebutkan ini biasa dikenal dengan enum. Dengan penggunaan enum, Anda bisa mengurangi jumlah bug dalam suatu kode atau program.

Sebagai contoh, sebuah program aplikasi untuk toko minuman, maka memungkinkan bagi kita untuk membatasi ukuran gelas menjadi kecil, sedang, dan besar. Ini akan memastikan bahwa itu tidak akan mengizinkan siapa pun untuk memesan ukuran selain kecil, sedang, atau besar.

Contoh (Example)

class Minuman {
   enum Ukuran{ KECIL, SEDANG, BESAR }
   Ukuran size;
}

public class TokoMinuman {

   public static void main(String args[]) {
      Minuman gelas = new Minuman();
      gelas.size = Minuman.Ukuran.SEDANG ;
      System.out.println("Ukuran: " + gelas.size);
   }
}

Contoh program di atas akan menghasilkan keluaran seperti di bawah ini.

Keluaran (Output)

Ukuran : SEDANG

Catatan - Enum dapat dideklarasikan sebagai milik dari kelas itu sendiri. Metode, variabel, konstruktor juga dapat didefinisikan didalam enums.

Kata Kunci Java (Java Keywords)

Daftar berikut menunjukan kata-kata yang dipesan/dilindungi di java. Kata-kata yang dicadangkan ini tidak dapat digunakan sebagai konstanta, variabel atau nama pengenal lainya.

abstractassertbooleanbreak
bytecasecatchchar
classconstcontinuedefault
dodoubleelseenum
extendsfinalfinallyfloat
forfotoifimplements
importinstanceofintinterface
longnativenewpackage
privateprotectedpublicreturn
shortstaticstrictfpsuper
switchsynchronizedthisthrow
throwstransienttryvoid
volatilewhile

Komentar di Java (Comments in Java)

Java mendukung komentar satu baris dan banyak baris yang sangat mirip dengan c dan c++. Semua karakter yang tersedia di dalam setiap komentar diabaikan oleh compiler java.

Contoh (Example)

public class KomentarProgram {
 /*
 ini adalah contoh komentar dengan banyak baris
 semua kode yang ada di dalam tanda garis miring dan bintang
 akan diabaikan dan tidak akan dieksekusi oleh java
 */
 public static void main(String[] args) {
  // ini adalah contoh komentar satu baris
  System.out.println("Hello World");
 }
}

Keluaran (Output)

Hello World

Menggunakan Garis Kosong (Using Blank Lines)

Sebuah baris yang hanya berisi spasi putih, mungkin dengan komentar, dikenal sebagai garis kosong, dan java benar-benar mengabaikannya.

Pewarisan (Inheritance)

Di java, sebuah kelas dapat diturunkan dari suatu kelas yang lain. Pada dasarnya, jika dalam suatu kondisi diperlukan membuat kelas baru dan disini sudah ada kelas yang memiliki beberapa kode yang anda butuhkan, maka dimungkinkan untuk menurunkan kelas baru dari kode yang sudah ada.

Konsep ini memungkinkan anda untuk menggunakan kembali bidang dan metode kelas yang ada tanpa harus menulis ulang kode di kelas baru. Dalam skenario ini, kelas yang ada disebut superclass dan kelas turunan disebut subclass.

Antarmuka (Interfaces)

Dalam bahasa java, antarmuka dapat didefinisikan sebagai kontrak antara objek tentang cara berkomunikasi satu sama lain. Antarmuka memainkan peran penting ketika di dalam sebuah konsep pewarisan.

Sebuah antarmuka mendefinisikan metode, kelas yang diturunkan (subclass) harus digunakan. Tetapi penerapan metode ini benar-benar sampai ke subclass.