Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (object oriented programing). sebagai bahasa yang memiliki fitur pbo (oop), java mendukung konsep dasar berikut.

  • polimorfisme
  • pewarisan
  • enkapsulasi
  • abstraksi
  • kelas
  • objek
  • instansi
  • metode
  • penguraian pesan

pada artikel ini, kita akan meilihat konsep kelas dan objek.

  • Objek (Object) - Objek memiliki keadaan dan perilaku. Contohnya: Seekor kucing memiliki status - warna, nama, serta perilaku seperti mengeong, makan, dan berjalan. Objek adalah turunan kelas.
  • Kelas (Class) - Kelas dapat didefinisikan sebagai template/cetak biru yang menggambarkan status/perilaku yang didukung berdasarkan jenis objek turunannya.

Objek di Java (Objects in Java)

Sekarang adalah penjelasan tentang apa yang ada di dalam sebuah objek. Jika kita memperhatikan dunia nyata, kita dapat menemukan banyak objek di sekitar kita, mobil, kucing, manusia, dll. Semua benda ini memiliki keadaan dan perilaku.

Jika dibandingkan dengan objek perangkat lunak di komputer dengan objek di dunia nyata, mereka memiliki karakteristik yang sangat mirip. Objek perangkat lunak juga memiliki status dan perilaku. Status objek perangkat lunak ditampilkan melalui metode.

Jadi dalam pengembangan perangkat lunak, metode berjalan pada keadaan objek dan hubungan dari objek ke objek dilakukan oleh metode.

Kelas di Java (Class in Java)

kelas adalah template atau cetak biru dari mana objek itu dibuat. Berikut adalah contoh dari sebuah kelas.

Contoh (Example)

public class Kucing {
 String nama;
 int kaki;
 String warna;
 void  mengeong() {
 }
 void makan() {
 }
 void tidur {
 }
 void berjalan() {
 }
}

Kelas dapat berisi salah satu dari jenis-jenis variabel berikut.

  • Variabel Lokal (Local Variables) - Variabel yang didefinisikan di dalam metode, konstruktor atau blok disebut dengan variabel lokal. Variabel ini jenis ini akan diinisialisasi dalam metode dan variabel lalu dihapuskan ketika metode telah selesai.
  • Variabel Instan (Instance Variables, Non-static Variables) - Variabel instan adalah variabel di dalam kelas tetapi di luar metode apapun. Variabel-variael ini diinisialisasi ketika kelas digunakan. Variabel instan dapat diakses dari dalam setiap metode, konstruktor atau blok dari kelas tertentu.
  • Variabel Kelas (Class Variables, Static Variables) - Variabel kelas adalah variabel yang dideklarasikan di dalam sebuah kelas, di luar metode apapun, dengan kata kunci statis.

Kelas dapat memiliki sejumlah metode untuk mengakses nilai berbagai macam metode. Dalam contoh di atas, mengeong(), makan(), tidur() merupakan sebuah metode. Berikut adalah beberapa topik penting yang perlu diketahui ketika membahas tentang kelas di java.

Konstruktor (Constructors)

ketika membahas tentang kelas, salah satu topik yang paling penting adalah konstruktor. Setiap kelas meiliki konstruktor. Jika kita tidak secara eksplisit menulis konstruktor untuk kelas, compiler java membangun konstruktor bawaan (default) untuk kelas itu.

Setiap kali objek baru dibuat, setidaknya satu konstruktor akan dipanggil. Aturan utama konstruktor adalah mereka harus memiliki nama yang sama dengan nama kelas. Kelas dapat memiliki lebih dari satu konstruktor. Berikut ini adalah contoh konstruktor.

Contoh (Example)

public class Dudul {
 public Dudul() {
 }
 public Dudul(String nama) {
  // ini adalah konstruktor yang memiliki satu parameter
 }
}

Java juga mendukung kelas tunggal dimana anda hanya dapat membuat satu kelas saja.

Catatan - ada dua tipe konstruktor yang berbeda. Kita akan membahas konstuktor secara rinci dalam bab-bab selanjutnya.

Membuat Objek (Creating an Object)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kelas menyediakan cetak biru/template untuk membuat objek. Jadi pada dasarnya, objek dibuat dari kelas. Di java, kata kunci new digunakan untuk membuat objek baru. Ada tiga langkah saat membuat objek dari kelas.

  • Deklarasi (Declaration) - Deklarasi variabel dengan nama variabel dari jenis objek.
  • Instansiasi (Instatiation) - Kata kunci 'new' digunakan untuk membuat objek.
  • Inisialisasi (Initialization) - Kata kunci 'new' diikuti oleh panggilan ke konstruktor. Panggilan ini menginisialisasi objek baru.

Berikut ini adalah contoh pembuatan objek.

Contoh (Example)

public class Dudul {
 public Puppy(String naae) {
  // konstruktor ini memiliki satu parameter
  System.out.println("Nama yang lulus adalah: " + nama);
 }
}

Jika kita mengkompilasi dan menjalankan program di atas, maka akan menghasilkan hasil berikut.

Keluaran (Output)

Nama yang lulus adalah : Nana