CLASS JAVA

Di dalam java, sebuah kelas menggambarkan suatu template untuk menyimpan satuan kode dan data yang berhubungan dengan suatu entitas. Karena itu, kelas itu merupakan bentuk dasar dari keseluruhan bahasa java.

Konsep

Dalam konsep java, data apapun yang kita simpan atau kode apapun yang kita tulis itu selalu digambarkan dalam suatu konsep kelas. Sehingga manakala kita menggambarkan kelas, kita harus menggambarkan suatu tipe data yang benar, Tipe data ini mempunyai guna untuk menggambarkan variabel yang disebut sebagai “obyek”. Obyek merupakan suatu kejadian (instance) pada kelas itu. Semua obyek dalam suatu kelas mempunyai tindakan dan karakteristik yang sama. Suatu kelas menggambarkan suatu kesatuan, sedangkan obyek merupakan kesatuan nyata.

Kita juga dapat menggambarkan suatu kelas itu dalam bagian kelas (inner class). Bentuk kelas ini sering disebut dengan istilah kelas bersarang. Kelas bersarang tersebut mempunyai akses yang mengarahkan kepada anggota kejadian tentang kejadian yang memasukkannya.

Mendeklarasikan class

Bagaimana mendeklarasikan sebuah kelas? Manakala kita akan mendeklarasikan suatu kelas, maka kita perlu menetapkan data dan metode dasar kelas itu. Berikut ini adalah bentuk umum daripada tata bahasa (syntax) untuk mendeklarasikan sebuah kelas di dalam program java.

Syntax
Class classname
{
 var_datatype variablename;
 :
 met_datatype methodname(parameter_list)
 :
}

Dengan class : Kata kunci yang mendefinisikan kelas classname : Nama dari kelas var_datatype : Tipe data variabel variablename : Nama dari variabel itu met_datatype : Tipe data dari nilai kembalian dari metode methodname : Nama metode/fungsi parameter_list : Parameter yang diberikan kepada metode/fungsi itu

Sebagai ilustrasi sintaksis mendeklarasikan class java tu, menunjukan suatu notasi grafis yang mengambil contoh kelas “Pelanggan”. Karakteristik pada kelas “Pelanggan” digambarkan dengan dua item, yaitu yang pertama adalah data yang disimpan dan yang kedua adalah tindakan (action) yang menggambarkan metodenya. Sehingga, didalam obyek kelas ini akan menyimpan detail perorangan dari pelanggannya.

Dalam kasus kelas pelanggan, yang dimaksud sebagai item data adalah sebagai berikut:

  • Nama pelanggan
  • Alamat
  • Model mobil
  • Nama penjual

Sedangkan yang dimaksud dengan metode/fungsi di dalam java adalah sebagai berikut:

  • Detail pelanggan yang akan diterima
  • Pencetakan faktur

Class bersarang

Mendefinisikan satu kelas di dalam kelas yang lain disebut sebagai kelas “bersarang”, lingkup dari kelas bersarang adalah di dalam kelas itu terdapat kelas yang lain. Di dalam java ada dua tipe kelas bersarang, yaitu:

  • Kelas statik
  • Kelas bukan statik

Kelas statik

Suatu kelas statik dideklarasikan dengan kunci statis. Kelas statik harus mengakses anggota yang menyangkut kelas yang memasukkaan melalui obyek, kelas statik ini jarang sekali digunakan.

Kelas bukan statik

Dimana, kelas dibagian dalam adalah yang paling utama tipe kelas bersarang. Kelas seperti itu dikatakan bukan statis. Definisi dari suatu kelas di bagian dalam (inner class) adalah konteks kelas yang kelihatan hanya sebelah luar. Kelas yang dibagian dalam dapat mengakses semua anggota dari kelas yang memasukkannya tetapi bukan sebaliknya.

Program berikut menunjukan bagaimana suatu kelas di bagian dalam diciptakan dan digunakan:

Class outer
{
 // Outer class constructor
Class Inner
{
 // Inner class constructor
}
}

Berikut adalah bentuk sintaksis yang menyediakan akses kepada kelas di bagian dalam:

Outer.inner obj = new Outer().new Inner();